Cara Daftar CPNS Kemenag Tahun 2024 dan Persyaratan Pentingnya - Sekitarnews.id

Cara Daftar CPNS Kemenag Tahun 2024 dan Persyaratan Pentingnya

Avatar photo

- Editor

Kamis, 29 Februari 2024 - 21:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

CPNS | Sekitarnews.id,- Tahun 2024 membawa sebuah berita yang baik bagi mereka yang berminat mengabdi di dalam bidang keagamaan dengan pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dalam Kementerian Agama (Kemenag). Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang CPNS Kemenag 2024, mari kita memahami peran Kementerian Agama dalam sebuah pembangunan negara.

Kemenag ini mmempunyai sebuah tanggung jawab penting dalam membimbing dan juga dalam mengelola urusan keagamaan di Indonesia. Selain dari itu, Kemenag juga terlibat aktif dalam sebuah pelestarian hutan dan kehutanan, menggambarkan peran yang sangat beragam dan juga strategis di daalam pembangunan nasional.

“Formasi CPNS 2024 ini dibuka akan mencapai 2,3 juta,” ujar Bima.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jumlah formasi ini “CPNS” ditahun 2024 ini merupakan sebuah perekrutan terbanyak yang pernah dibuka oleh pemerintah. Jumlah formasi ini tentunya akan diprioritaskan pada bidang-bidang tertentu yang memang membutuhkan tenaga ahli muda dan kreatif, seperti pada bidang teknologi, pendidikan, dan juga kesehatan.

Cara daftar CPNS Kemenag 2024

Untuk memastikan agar kamu tidak ketinggalan di dalam rekrutmen CPNS Kemenag tahun 2024 ini, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai berikut :

  1. Pertama buka Situs Resmi Kemenag atau SSCASN: Langkah pertama yaitu dengan cara mengakses situs resmi Kemenag di dalam laman kemenag.go.id atau dalam portal SSCASN yang ditunjuk untuk pendaftaran CPNS.
  2. Buat Akun Khusus CPNS: Bagi calon peserta perlu untuk membuat akun khusus terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran CPNS. Isilah informasi yang memang diperlukan yakni seperti nama lengkap, alamat email, dan juga nomor handphone. Pastikan informasi yang kamu input ini sesuai dan juga pada bagian no hp email wajib aktif.
  3. Verifikasi Akun: Setelah kamu membuat akunnya, selanjutnya kamu harus melakukan verifikasi yakni dengan melalui email atau dengan nomor handphone yang sudah didaftarkan. Proses verifikasi ini sangatlah penting untuk bisa mengaktifkan akun kamu.
  4. Lengkapi Data Pribadi dan Pendidikan: Selanjutnya kamu tinggal mengisi data pribadi dan pendidikan kamu sesuai dengan formulir yang sudah disediakan. Pastikanlah informasi yang kamu masukan ini akurat dan juga sesuai dengan kondisi sekarang.
  5. Pilih Formasi yang Diinginkan: Kemenag ini akan membuka berbagai macam formasi CPNS. Kamu pilihlah formasi yang memang sesuai dengan latar belakang pendidikan, kualifikasi, dan juga minat kamu.
  6. Unggah Dokumen Pendukung: Saat kamu ingin mendaftar untuk formasi tertentu, kamu akan diminta untuk melakukan mengunggah dokumen-dokumen sebagai pendukung, seperti ijazah, transkrip nilai, dan juga dokumen dokumen lainnya. Pastikanlah file file yang kamu unggah mempunyai format yang sesuai dan juga memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.
  7. Lengkapi Formulir Pendaftaran: Isilah formulir pendaftarannya dengan cermat dan juga teliti. Pastikanlah semua informasi yang sudah kamu masukkan sudah benar dan sesuai.
  8. Pembayaran Biaya Pendaftaran (jika ada): Beberapa macam formasi CPNS mungkin saja mengharuskan untuk para calon peserta untuk membayar biaya pendaftaran. Jika hal ini berlaku, sistemnya akan memberikan sebuah petunjuk mengenai prosedur pembayaran. Pastikan kamu untuk melakukan pembayaran yang sesuai dengan instruksi yang sudah diberikan.
  9. Konfirmasi Pendaftaran: Setelah kamu melalui seluruh proses di atas tadi, lakukanlah konfirmasi pendaftaran kamu. Pastikan kamu untuk mendapatkan nomor registrasi atau informasi yang lainnya yang bisa untuk digunakan sebagai alat untuk memantau status pendaftaran.
Baca Juga :  Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024 Dibuka Bulan Maret, Buka Formasi Lulusan SMA/SMK

Syarat CPNS Kemenag 2024

Apabila kamu pada saat ini tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS di dalam Kementerian Agama untuk tahun 2024, penting sekali untuk mengetahui beberapa syarat yang berlaku.

Baca Juga :  Perbedaan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024

Dengan mengetahui persyaratan yang berlaku bisa lebih membantumu dalam memperbesar potensi lolos  dalam seleksi CPNS tahun 2024 ini.

Editor : Niken Sunarti

Sumber Berita : Kemenag, Sekitar News

Berita Terkait

Viral di Tiktok Info Terbaru Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Dibuka Usai Lebaran
Cara Mengetahui Sudah Masuk Pendataan Non ASN Untuk Daftar PPPK 2024
Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024 Diundur
Pemerintah Umumkan Rekrutmen CASN Tahun 2024
Ada 2 Juta Formasi CPNS-PPPK 2024 yang Dibuka Maret, Diutamakan Guru di Daerah
Serahkan 183 Surat Keterangan Tenaga PPPK Guru 2023
Update BKN Umumkan NIP CPNS dan NI PPPK Per 12 Februari
Kini Formasi Instansi Pusat Siap Dibuka Requirement PPPK 2024
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 April 2024 - 13:57 WIB

Viral di Tiktok Info Terbaru Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, Dibuka Usai Lebaran

Selasa, 19 Maret 2024 - 10:07 WIB

Cara Mengetahui Sudah Masuk Pendataan Non ASN Untuk Daftar PPPK 2024

Sabtu, 2 Maret 2024 - 21:48 WIB

Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024 Diundur

Sabtu, 2 Maret 2024 - 21:15 WIB

Pemerintah Umumkan Rekrutmen CASN Tahun 2024

Kamis, 29 Februari 2024 - 21:57 WIB

Cara Daftar CPNS Kemenag Tahun 2024 dan Persyaratan Pentingnya

Kamis, 29 Februari 2024 - 16:32 WIB

Ada 2 Juta Formasi CPNS-PPPK 2024 yang Dibuka Maret, Diutamakan Guru di Daerah

Kamis, 29 Februari 2024 - 16:14 WIB

Serahkan 183 Surat Keterangan Tenaga PPPK Guru 2023

Minggu, 18 Februari 2024 - 08:35 WIB

Update BKN Umumkan NIP CPNS dan NI PPPK Per 12 Februari

Berita Terbaru