Daftar Periksa SEO Lengkap yang Harus Diikuti pada tahun 2024 - Sekitarnews.id

Daftar Periksa SEO Lengkap yang Harus Diikuti pada tahun 2024

Avatar photo

- Editor

Rabu, 31 Januari 2024 - 23:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Semarang | Sekitarnews.id,- Dalam postingan blog ini, kami akan memberi Anda seluruh daftar periksa SEO yang harus Anda ikuti pada tahun 2024.

Dengan menggunakan daftar periksa ini, dipadukan dengan proses mengikuti lima pilar SEO , kami telah meningkatkan lalu lintas sebesar 141% pada tahun 2024 sejauh ini.

Dengan menggunakan daftar periksa ini, dipadukan dengan proses mengikuti lima pilar SEO , kami telah meningkatkan lalu lintas sebesar 141%

Kami akan membahas semuanya. Dari alat dasar yang Anda perlukan hingga SEO on-page dan off-page

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mendapatkan Dasar-dasarnya

Sebelum kita masuk ke daftar periksa itu sendiri, kita perlu menyiapkan beberapa alat dasar agar Anda dapat melacak hasilnya.

Siapkan Google Search Console

Google Search Console adalah alat pertama yang perlu Anda siapkan untuk situs web Anda.

Ini adalah rangkaian alat dan fitur komprehensif yang memungkinkan Anda memahami dengan tepat bagaimana kinerja situs web Anda di Google.

Anda akan dapat mendiagnosis masalah dengan Google yang merayapi dan mengindeks situs web Anda, membuat halaman Anda diindeks dan diberi peringkat lebih cepat.

Karena Google Search Console adalah alat berbasis web, Anda tidak perlu memasang apa pun agar dapat berfungsi. Namun Anda perlu memverifikasinya dengan situs web Anda agar dapat mulai mencatat informasi. Anda dapat melakukan ini di tingkat domain atau tingkat awalan.

Dengan menggunakan daftar periksa ini, dipadukan dengan proses mengikuti lima pilar SEO , kami telah meningkatkan lalu lintas sebesar 141%

Di tingkat domain, Google akan menggabungkan semua versi domain Anda yang ditemukan di hasil. Ini termasuk:

  • Subdomain
  • HTTP
  • HTTPS

Pada tingkat awalan, hanya URL dengan alamat yang dimasukkan dan berdasarkan protokol spesifik tersebut yang akan diukur.

Setelah Anda menyiapkan Google Search Console dan mengumpulkan data selama beberapa bulan, dasbor Anda akan terlihat seperti ini:

Kami membahas lebih banyak tentang Google Search Console dalam pengantar kami tentang Google Search Console .

Siapkan Google Analytics

Mirip dengan Google Search Console, Google Analytics (dan sekarang GA4 ) adalah alat analisis yang mampu memberi tahu Anda bagaimana kinerja situs web Anda dalam penelusuran.

Perbedaannya dengan Google Search Console adalah Google Analytics juga dapat memberi tahu Anda bagaimana kinerja situs web Anda dalam metode akuisisi lain termasuk media sosial, iklan berbayar, dan lalu lintas rujukan.

Untuk menyiapkan Google Analytics, Anda perlu mengisi beberapa informasi dasar tentang Anda dan situs web Anda. Anda juga perlu menambahkan tag HTML Google Analytics ke bagian <head> situs web Anda. Ini adalah proses yang sangat sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

BONUS: Pengaturan Pengujian SEO

Kami berbicara sebelumnya tentang Google Search Console. SEOTesting adalah alat yang akan meningkatkan data Google Search Console Anda.

Mengambil datanya langsung dari API Google Search Console, SEOTesting akan memungkinkan Anda berbuat lebih banyak dengan data tersebut. Anda dapat dengan cepat melihat data dalam rentang tanggal yang berbeda, termasuk:

  • 1 bulan
  • 3 bulan
  • 6 bulan
  • Sejauh tahun ini
  • 1 tahun
  • Semua data

Tidak hanya itu, SEOTesting juga memiliki sejumlah besar laporan yang tersedia, artinya Anda dapat membuat keputusan berdasarkan data, bukan hanya tebakan.

Ingin mencoba SEOTesting untuk bisnis Anda? Klik di sini untuk memulai uji coba gratis 14 hari Anda.

Berfokus pada Riset Kata Kunci

Setiap strategi SEO yang baik bergantung pada riset kata kunci yang baik. Di bagian ini, kami akan membahas proses yang tepat dalam menemukan kata kunci untuk ditargetkan bisnis Anda dalam pencarian.

Menemukan Kata Kunci “Kepala” Anda

Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi kata kunci “kepala” Anda. Kata kunci utama pada dasarnya adalah kata kunci pendek yang sering dicari dan paling sering ditemukan di bagian paling atas saluran pembelian. Contoh dalam industri kita adalah…

Riset Kata Kunci

Kata kunci utama umumnya akan mewakili orang-orang di awal perjalanan pembelian mereka saat mereka mencari informasi lebih lanjut seputar suatu topik. Ada pengecualian untuk hal ini, namun ini adalah aturan umum yang dapat diikuti di banyak industri.

Ada beberapa cara bagus untuk menemukan ide kata kunci utama untuk bisnis Anda. Salah satu favorit saya adalah mulai mengetik topik ke Google dan melihat apa yang muncul di bagian “pelengkapan otomatis”. Ini akan memberi Anda ide kata kunci utama yang sedang dicari oleh pengguna di Google.

Contoh headword yang bagus dari gambar di atas antara lain:

  • Alat Riset Kata Kunci
  • Templat Penelitian Kata Kunci

Anda juga dapat menggunakan alat seperti Ahrefs untuk mengidentifikasi kata kunci utama untuk bisnis Anda. Cukup masuk ke dasbor Anda, klik tautan Penjelajah Kata Kunci dan ketik topik bisnis Anda. Untuk contoh di bawah ini, kami menggunakan “SEO” sebagai kata kunci.

Dari sini, kita dapat menuju ke bagian Ide Kata Kunci di mana kita dapat menemukan contoh kata kunci utama yang bagus:

Saat pembeli bergerak lebih jauh di sepanjang corong, kata kunci utama akan menjadi lebih bersifat “ekor panjang”.

Baca Juga :  Pengaruh Kecerdasan Buatan Terhadap Perkembangan Teknologi

Menemukan Kata Kunci “Ekor Panjang” Anda

Kata kunci ekor panjang memiliki jumlah kata yang lebih panjang, sesuai dengan namanya, dan menandakan bahwa (dalam banyak kasus) pengguna telah bergerak lebih jauh di sepanjang corong. Mungkin mereka telah berpindah dari tahap kesadaran ke tahap minat, atau tahap tengah corong ke bagian bawah corong, bergantung pada model akuisisi pelanggan yang Anda gunakan.

Beberapa contoh kata kunci ekor panjang yang bagus di industri kami meliputi:

  1. Saran SEO untuk pemula
  2. Agen SEO e-niaga spesialis di London
  3. Apa itu SEO pada halaman ?

Anda dapat menemukan kata kunci ekor panjang untuk bisnis Anda dengan beberapa cara. Salah satu cara favorit saya untuk menemukan kata kunci ekor panjang untuk bisnis saya adalah dengan menggunakan filter jumlah kata dalam alat Penjelajah Kata Kunci Ahrefs.

Seperti yang kita lakukan sebelumnya, kita akan menuju ke alat Penjelajah Kata Kunci mereka dan mulai dengan kata kunci utama. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan “Riset Kata Kunci” sebagai kata kunci utama.

Kita kemudian akan kembali ke bagian Ide Kata Kunci, hanya saja kali ini kita juga akan menggunakan filter jumlah kata. Untuk contoh khusus ini, saya telah menetapkan jumlah minimum kata menjadi 5 dan maksimum 10.

Ini memberi kita beberapa kata kunci ekor panjang yang sangat bagus yang sekarang dapat kita buat kontennya.

Menemukan Pertanyaan dari Masyarakat

Meskipun menggunakan alat seperti Ahrefs itu bagus, Anda akan memerlukan bantuan dari masyarakat. Untuk menemukan pertanyaan yang ditanyakan orang-orang di niche Anda, menggunakan alat seperti Quora dan Reddit akan memberi Anda keuntungan luar biasa.

Mari kita gunakan Quora sebagai contoh. Quora adalah platform tanya jawab yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan tentang berbagai topik dan menerima jawaban dari siapa saja, termasuk pakar di bidang tersebut.

Untuk contoh ini, kami mencari “penelitian kata kunci” di Quora:

Seperti yang Anda lihat, kami memiliki beragam pertanyaan dari masyarakat, yang mengajukan pertanyaan seperti:

  • Apa itu riset kata kunci?
  • Apa teknik riset kata kunci terbaik dalam SEO?
  • Bagaimana cara saya melakukan riset kata kunci?

Ini semua adalah pertanyaan bagus dan kami dapat mempertimbangkan untuk membuat konten!

Alat untuk Membantu Riset Kata Kunci

Ada beberapa alat di luar sana yang akan membantu Anda melakukan penelitian kata kunci berkualitas untuk bisnis Anda, termasuk beberapa alat yang dapat Anda gunakan secara gratis . Kami telah membicarakan beberapa di antaranya, termasuk Google, Ahrefs, Quora, dan Reddit.

Ada beberapa alat lain di pasaran yang juga akan membantu Anda melakukan riset kata kunci yang bagus, baik Anda mencari kata kunci utama atau kata kunci ekor panjang. Alat-alat ini meliputi:

Juga Ditanyakan

AlsoAsked adalah alat penelitian kata kunci berbayar yang memungkinkan Anda memulai dengan suatu topik dan mendapatkan daftar pertanyaan yang biasanya ditemukan di kotak “Orang Juga Bertanya” di Google. Itu semua merupakan kerja keras bagi Anda dalam mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan ini dan menggabungkannya dalam obrolan yang rapi.

Berikut contoh pencariannya:

Seperti yang Anda lihat, kami memulai dengan topik penelitian kata kunci dan kami sudah memiliki beberapa pertanyaan bagus yang ditanyakan orang-orang seputar topik ini.

Wawasan Kata Kunci

Wawasan Kata Kunci , meskipun bukan secara langsung merupakan alat penelitian kata kunci, akan memungkinkan Anda menghemat banyak waktu dan tenaga saat membuat konten setelah penelitian kata kunci Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengimpor daftar kata kunci, mulai dari 100 hingga 100.000 dan secara otomatis akan menempatkan kata kunci tersebut ke dalam kelompok untuk Anda.

Ini berarti Anda akan tahu persis kata kunci apa yang perlu ditargetkan pada setiap halaman dan Anda tidak akan pernah membuang waktu, tenaga, dan anggaran untuk membuat konten yang tidak perlu dibuat.

Berikut ini contoh pencarian yang saya jalankan dengan Keyword Insights.

Seperti yang Anda lihat, kami mengambil daftar kata kunci seputar pengujian SEO dan memasukkannya ke dalam Wawasan Kata Kunci untuk dikelompokkan untuk kami. Sekarang saya dapat melihat semua kata kunci yang dapat saya targetkan dengan konten berbeda. Ini akan memungkinkan saya menjadi lebih efisien dengan rencana konten saya ke depannya.

Daftar Periksa SEO Teknis

SEO Teknis, dalam bentuk dasarnya, memastikan situs web Anda memiliki reputasi teknis yang baik sehingga mesin pencari dapat merayapi, mengindeks, dan memberi peringkat dengan baik.

Berikut adalah seluruh daftar periksa kami terkait SEO teknis situs web kami.

Temukan Masalah dengan Perayapan

Untuk dapat mengindeks dan memberi peringkat pada halaman web Anda, Google (dan mesin pencari lainnya) harus dapat meng-crawl halaman Anda.

Google Search Console dapat memberi tahu Anda jika ada masalah dengan Google saat merayapi laman Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di laporan Pengindeksan Halaman Anda. Ini akan terlihat seperti ini:

Halaman yang menunjukkan halaman mana yang sudah terindeks dan halaman mana yang belum terindeks. Google juga akan menampilkan beberapa kode kesalahan untuk menunjukkan alasan mengapa URL ini belum diindeks.

Baca Juga :  Dari Telemarketer yang Menyedihkan Pria Ini Menjadi Pengusaha Sukses

Kesalahan perayapan terbagi dalam dua kategori:

  • Kesalahan situs: Kesalahan yang mencegah Googlebot merayapi situs web Anda.
  • Kesalahan URL: Kesalahan yang mencegah Googlebot merayapi laman individual.

Contoh kesalahan situs meliputi:

kesalahan DNS.

Jika Google tidak dapat membuat sambungan DNS, Google tidak dapat menemukan atau mengakses situs web Anda. Kesalahan DNS yang umum mencakup batas waktu, saat server DNS Anda tidak merespons permintaan Google dengan cukup cepat, dan kesalahan pencarian DNS, saat Google tidak dapat mengakses situs web Anda karena server DNS Anda tidak dapat menemukan nama domain Anda.

Kesalahan server.

Kesalahan server ditemukan ketika Google dapat mencari URL Anda di server DNS, namun tidak dapat memuat halaman karena ada masalah dengan server Anda. Masalah umum mencakup waktu habis, saat server membutuhkan waktu terlalu lama untuk merespons permintaan Googlebot, kesalahan koneksi yang gagal, yang berarti jaringan server Anda tidak aktif atau tidak dapat dijangkau, dan tidak ada kesalahan respons, saat koneksi dengan server Anda diakhiri sebelum kode respons apa pun dapat dikirim.

Kegagalan robot.

Kegagalan robot terjadi ketika Google tidak dapat menemukan dan/atau membaca file robots.txt situs web . Google tidak ingin merayapi dan mengindeks halaman yang tidak ingin Anda rangking, jadi jika terjadi kesalahan saat menemukan atau membaca file robots.txt Anda, Google akan menunda perayapan hingga dapat membaca file tersebut.

Contoh kesalahan URL meliputi:

Kesalahan 404 lunak.

Dalam kebanyakan kasus, kesalahan lunak 404 mengembalikan kode respons 200, yang berarti halaman dapat dibaca.

Kesalahan ringan 404 terjadi saat Google dapat menemukan dan meng-crawl halaman, namun Google menemukan hanya ada sedikit atau tidak ada konten di halaman itu sendiri. Google ingin memberikan nilai sebanyak mungkin kepada pengguna, jadi jika menemukan halaman tanpa informasi atau sedikit informasi, maka crawling mungkin akan tertunda sepenuhnya.

Tidak ditemukan kesalahan.

Kesalahan tidak ditemukan terjadi ketika server merespons dengan 404, artinya Google telah meminta URL di situs Anda yang hilang dan tidak ada.

Kesalahan akses ditolak.

Kesalahan akses ditolak terjadi ketika Googlebot ditolak aksesnya untuk merayapi laman. Hal ini mungkin terjadi karena laman dilindungi sandi, laman tidak diizinkan oleh file robots.txt, atau penyedia hosting Anda memblokir Googlebot.

Temukan Masalah dengan Pengindeksan

Selain menemukan masalah pada Google yang meng-crawl situs web Anda, Anda juga dapat menemukan masalah pada Google saat mengindeks situs web Anda. Sekali lagi, ini dapat ditemukan di laporan pengindeksan halaman Anda:

Tidak ada cara untuk memfilter status ini di Google Search Console, Anda akan mendapatkan daftar semua kesalahan Anda dan Anda harus menentukan mana yang merupakan kesalahan perayapan dan mana yang merupakan kesalahan pengindeksan.

Beberapa kesalahan pengindeksan yang umum meliputi:

Kesalahan pengalihan.

Kesalahan pengalihan berarti halaman belum diindeks karena kesalahan konfigurasi pengalihan. Ini bisa berarti Googlebot mengalami perulangan pengalihan, rantai pengalihan yang terlalu panjang, atau jalur URL yang buruk/kosong dalam rantai pengalihan.

URL bertanda kesalahan ‘noindex’.

Saat Google merayapi laman dan menemukan tag noindex dalam HTML laman, ini berarti laman tersebut tidak akan diindeks. Google, seperti disebutkan di atas, tidak ingin mengindeks halaman yang tidak ingin Anda indeks atau di Google. Jadi itu akan mengikuti arahan noindex ini.

kesalahan saat ini tidak diindeks.

Ini berarti Google telah merayapi laman tersebut tetapi memilih untuk tidak mengindeksnya. Itu tidak memberikan alasan untuk ini, tapi kami membahasnya secara rinci dalam posting blog kami yang saat ini tidak diindeks .

Pastikan Situs Web Anda Ramah Seluler

Memastikan situs web Anda ramah seluler adalah bagian penting dari strategi SEO yang sukses. Apalagi mengingat itu adalah faktor peringkat, yang telah dikonfirmasi oleh Google.

Anda dapat menemukan masalah dengan laman di situs Anda yang tidak ramah seluler dalam laporan Kegunaan Seluler:

Di atas adalah tangkapan layar yang diambil dari Google Search Console kami. Seperti yang Anda lihat, kami tidak memiliki URL apa pun di situs web kami yang bermasalah dengan kegunaan seluler. Itu bagus!

Jika Anda memiliki laman di situs web Anda yang tidak ramah seluler, Anda dapat melihatnya di sini:

Di sinilah Google Search Console menjadi lebih berguna, karena juga akan memberi tahu Anda alasan mengapa URL tertentu tidak ramah seluler. Termasuk alasan seperti:

  • Kontennya lebih lebar dari layar.
  • Elemen yang dapat diklik dan terlalu berdekatan.

Berita Terkait

4 HAMBATAN TRANSFORMASI DIGITAL & SOLUSI MENGATASINYA
Hacker Incar Cloud dan Memanfaatkan AI
Facebook Meta, Instagram down untuk ratusan ribu pengguna di seluruh dunia
Apakah Swift Pilihan Tepat untuk Aplikasi Anda Berikutnya?
Seberapa dinginkah cuaca untuk menerbangkan drone?
Kontrol Lebih Mudah Menggunkan Aplikasi Mod SJRC Terbaru
Hubble Melihat Galaksi Pembentuk Bintang Aktif
Bagaimana cara mengizinkan flash di Chrome Dengan Mudah
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 9 Maret 2024 - 22:40 WIB

4 HAMBATAN TRANSFORMASI DIGITAL & SOLUSI MENGATASINYA

Selasa, 5 Maret 2024 - 23:35 WIB

Hacker Incar Cloud dan Memanfaatkan AI

Selasa, 5 Maret 2024 - 23:25 WIB

Facebook Meta, Instagram down untuk ratusan ribu pengguna di seluruh dunia

Sabtu, 2 Maret 2024 - 22:10 WIB

Apakah Swift Pilihan Tepat untuk Aplikasi Anda Berikutnya?

Selasa, 27 Februari 2024 - 09:58 WIB

Seberapa dinginkah cuaca untuk menerbangkan drone?

Minggu, 25 Februari 2024 - 13:48 WIB

Kontrol Lebih Mudah Menggunkan Aplikasi Mod SJRC Terbaru

Jumat, 23 Februari 2024 - 21:30 WIB

Hubble Melihat Galaksi Pembentuk Bintang Aktif

Jumat, 23 Februari 2024 - 21:10 WIB

Bagaimana cara mengizinkan flash di Chrome Dengan Mudah

Berita Terbaru